• August 12, 2023

Pakcoy, Sayuran Hijau Favorit dengan Beragam Khasiat

Pakcoy merupakan sayuran hijau favorit dan direkomendasikan karena padat gizi. Sayuran yang juga bisa disebut sebagai sawi sendok ini termasuk famili cruciferous dan berasal dari Tiongkok. Biasanya pakcoy diolah dengan ditumis, dijadikan asinan atau sup, atau dijadikan lalapan.

Mengapa Pakcoy Banyak Disukai?

Pakcoy memang belum sepopuler “saudara” dekatnya, yaitu sawi, namun menjadi favorit karena berbagai alasan. Pertama, cita rasanya enak dan teksturnya renyah. Kedua, sayuran ini rendah kalori, sehingga sangat cocok sebagai menu diet sehat. Ketiga, pakcoy kaya antioksidan dan senyawa lain yang meningkatkan kesehatan tubuh.

pakcoy
Foto: Pexels.com

Kandungan Gizi Pakcoy

Pakcoy dengan nama Latin Brassica rapa chinensis mempunyai banyak gizi yang diperlukan tubuh. Dilansir dari laman Alodokter, 100 gram pakcoy mengandung 13 kalori, 2 gram karbohidrat, 1.5 gram protein, 252 mg kalium, 105 mg kalsium, 19 mg magnesium, dan 223 mikrogram vitamin A. Pakcoy juga mengandung serat, asam folat, antioksidan, dan vitamin B6, C, K.

Itulah mengapa pakcoy berada di peringkat ke-6 kategori buah dan sayuran padat gizi berdasarkan Aggregate Nutrient Density Index (ANDI). Indeks ini tidak hanya menilai makanan dari kandungan vitamin dan mineralnya, namun juga kandungan fitokimianya, termasuk antioksidan.

Manfaat Pakcoy untuk Kesehatan

Pakcoy yang padat gizi mempunyai banyak khasiat untuk tubuh, mulai dari meningkatkan imunitas hingga mencegah kanker. Simak yuk, penjelasannya!

Meningkatkan Imunitas

Imun tubuh dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi pakcoy yang mengandung selenium. Ketahanan tubuh yang meningkat ini dapat melawan infeksi dan berbagai risiko kesehatan lainnya.

Melawan Peradangan

Kolin yang terkandung dalam pakcoy dapat mencegah peradangan dalam tubuh. Kolin juga membantu tidur lebih nyenyak, menjaga pergerakan otot, dan meningkatkan kemampuan belajar juga mengingat.

Menjaga Tekanan Darah

Kalsium, kalium, dan magnesium pada pakcoy membantu menurunkan tekanan darah secara alami. Berdasarkan artikel dalam American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi kalium sebanyak 4700 mg setiap harinya mampu menurunkan tekanan darah yang disebabkan tingginya asupan natrium.

Menjaga Kesehatan Jantung

Sawi sendok mengandung kalium, folat, vitamin B6, dan vitamin C, sehingga menjaga kesehatan jantung. Vitamin B6 dan folat juga mencegah munculnya homosistein. Kelebihan homosistein berisiko pada kerusakan pembuluh darah yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

pakcoy
Foto: Pexels.com

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Pakcoy juga kaya serat, sehingga baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Berbagai persoalan, seperti diare, sembelit dan nyeri perut juga dapat dicegah.

Menjaga Kesehatan Tulang

Pakcoy mendukung kesehatan tulang dan gigi karena mengandung zat besi, fosfor, zink, magnesium, kalsium, dan vitamin K. Sayur hijau ini merupakan sumber kalsium nabati yang direkomendasikan.

Mencegah Kanker

Sawi sendok mengandung folat yang mencegah pembentukan sel kanker. Pakcoy juga mengandung antioksidan, seperti vitamin C, E, dan beta karoten yang mampu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Selenium di dalamnya juga membersihkan tubuh dari komponen penyebab kanker serta mencegah peradangan dan munculnya tumor.

Seperti yang sudah disebutkan, pakcoy sangat bermanfaat untuk kesehatan. Nah, untuk memperoleh gizinya secara optimal, kamu bisa mengonsumsinya dengan cara dikukus, ditumis dengan minyak secukupnya, direbus, dan dipanggang dengan tambahan minyak zaitun atau kanola.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Yuan Adelintang Kurniadita

Saya adalah mahasiswi Magister Sains Manajemen, UGM, dan sudah berpengalaman sebagai content writer freelance.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*