• September 5, 2023

5 Manfaat Habbatussauda untuk Mencegah Kolesterol yang Jarang Diketahui

1. Mencegah Diabetes

Manfaat pertama jintan hitam atau habbatussauda, yaitu membantu mencegah penyakit diabetes, yang disebabkan karena kadar gula darah di dalam tubuh meningkat. Saat kadar gula darah di dalam tubuh naik, seseorang akan merasakan lemas, mudah mengantuk, susah berkonsentrasi, penyembuhan luka lambat dan membuat kerusakan saraf. Jintan hitam ini bisa dikonsumsi dan membantu menstabilkan kadar gula darah di dalam tubuh, sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga, dan terhindar dari penyakit diabetes yang bisa berbahaya.

2. Menurunkan Berat Badan

Memiliki tubuh dengan berat badan yang ideal, bisa di dapatkan dengan mengonsumsi habbatussauda. Dilansir dari artikel Journal of Diabetes & Metabolic Disorders tahun 2013, jintan hitam ini memiliki manfaat untuk mencegah obesitas. Habbatussauda diolah menjadi minyak, yang bisa digunakan untuk memasak, karena mengandung kalori dan lemak yang rendah, sehingga cocok dikonsumsi untuk pejuang diet.

3. Mengontrol Kolesterol

Di dalam tubuh manusia, terdapat kolesterol baik dan kolesterol jahat. Jika kolesterol jahat lebih banyak di dalam tubuh, maka bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke yang bisa membahayakan nyawa. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi jintan hitam secara rutin selama setahun, bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Sehingga kadar kolesterol tetap stabil dan mencegah penyakit jantung atau stroke.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Habbatussauda memiliki kandungan thymohydroquimone, thymoquinone, dithymouinone dan thymol, yang bisa membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang kuat, bisa membantu memerangi virus yang ada di dalam tubuh, mencegah peradangan, serta membantu mepercepat penyembuhan luka atau infeksi, yang disebabkan oleh virus atau bakteri.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat habbatussauda untuk kesehatan yang terakhir, yaitu bisa membantu melancarkan sistem pencernaan, sehingga terhindar dari penyakit lambung, peradangan usus dan sembelit. Rutin mengonsumsi jintan hitam, bisa memperkuat lapisan lambung agar tidak mudah terluka. Senyawa antiinflmasi yang terkandung di dalamnya, bisa membantu mengatasi peradangan pada area lambung.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*